Selasa, 26 Maret 2013

Harkad Unggul di Berbagai Kecamatan

Bangko, 27 Maret 2013.
Pasangan Al Haris dan Khafid Moein (HARKAD) hampir dipastikan akan memimpin Kabupaten Merangin lima tahun ke depan. Berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga dan instansi –termasuk masing-masing tim kandidat— semuanya menunjukkan perolehan suara Al Haris dan Khafid Moein jauh mengungguli tiga pasangan yang menjadi saingannya dalam Pemilukada Merangin, kemarin (25/3).
Hitungan cepat versi Desk Pilkada misalnya. Hingga pukul 21.30 malam tadi, total suara yang masuk 188.606 dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 237.891, pasangan HARKAD meraih 41.852 suara. Jumlah ini jauh mengungguli pasangan Nalim-Salam, yang memperoleh 32.715 suara. Kemudian disusul pasangan Syukur-Fauziah (SYUFI) dengan 27.345 suara, terakhir pasangan Handayani Jaelani (HAJI) dengan jumlah suara 16.604.
Pasangan HARKAD berhasil mendulang suara hampir di semua kecamatan yang ada di Bumi Tali Undang Tambang Teliti. Hanya daerah Tabir Ulu, Tabir Barat, dan Margo Tabir yang berhasil dikuasasi oleh pasangan Nalim-Salam (NASA). Data ini belum final sebab ada empat kecamatan yang belum masuk. Empat kecamatan tersebut adalah Kecamatan Jangkat, Tabir Ilir, Renah Pembarap dan Sungai Tenang.
Tidak berbeda dengan hasil hitung cepat Desk Pilkada Merangin, Hasil hitung cepat yang digelar oleh Polres Merangin juga menempatkan pasangan HARKAD berada di posisi teratas. Dalam hitung cepat korps baju cokelat itu, HARKAD memperoleh 71.130 suara, disusul NASA dengan 48.963 suara, diikuti SYUFI 48.041 suara, dan terakhir HAJI dengan perolehan suara 22.661. Data ini baru suara yang masuk 190.457 pemilih.
Sementara itu, untuk hitung cepat yang dilakukan oleh kandidat NASA juga menempatkan HARKAD di posisi pertama, dengan jumlah suara 57.213. Disusul pasangan NASA dengan 40.881 suara. Kemudian SYUFI 39.567 suara dan terakhir HAJI 16.350 suara.
Tidak berbeda dengan hitung cepat Desk Pilkada, Polres Merangin dan Timses NASA, hitung cepat Pilkada Merangin 2013 yang dilakukan Timses SYUFI juga menempatkan HARKAD sebagai jawara. Di hitung cepat ini, HARKAD memperoleh suara 46.032 suara. Diikuti pasangan SYUFI dengan 33.283 suara, disusul kandidat incumbent NASA 29.201 suara dan terakhir HAJI dengan kumpulan suara 15.082. Ini dari total suara yang telah masuk 123.598 suara.
Data tersebut diambil sampai dengan pukul 21.30. Berdasarkan data hitung cepat lembaga dan tim sukses empat kandidat dengan jumlah suara yang telah melebihi 50 persen suara dari DPT, diprediksi perolehan suara ini tidak akan berubah secara signifikan. Artinya, apapun yang akan terjadi dengan suara yang belum masuk. Pergerakan suara yang diperoleh pasangan HARKAD tidak akan mampu dikejar. Keunggulan sementara ini disambut gembira HARKAD.
Hasil hitungan cepat lainnya menyebutkan pasangan NASA memperoleh 42.882 suara atau 24,8 persen, nomor urut 2, SYUFI memperoleh 44.882 suara atau 25,86 persen, pasangan nomor urut 3 HAJI memperoleh 21.057 suara atau 12,18 persen. Selanjutnya, nomor urut 4, HARKAD memperoleh  64.211 suara atau 37, 14 persen suara. Data ini berdasarkan jumlah suara yang masuk sebanyak 172.865 suara dari jumlah DPT 237.798 orang. Sedangkan sebanyak 64.933 suara golput atau kertas suara rusak.
“Saya berterima kasih kepada seluruh timses yang bekerja keras memenangkan HARKAD, dan tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen lapisan masyarakat Merangin yang telah mendukung HARKAD dan rekan-rekan media. Insya Allah, perubahan Merangin segera tercipta,” tegas Cabup Al Haris dalam konferensi pers.
Al Haris menambahkan, dirinya sangat bahagia karena berhasil unggul dalam berbagai hitung cepat. Namun, dirinya tetap menunggu hasil resmi dari KPUD Merangin. “Kita tetap akan kawal dan mengantisipasi adanya pihak-pihak yang berupaya bermain curang. Alhamdulillah saat ini saya unggul, dan saya berharap hasil ini tidak jauh berdeda dengan hasil yang ditetapkan oleh KPUD,” tandasnya.
Sementara kandidat lain, masih akan menunggu hasil resmi dari KPUD Merangin. Mereka masih optimis menang meski hasil hitung cepat menempatkan HARKAD sebagai pemenang. “Saya masih optimis menang, karena suara belum seluruhnya masuk,” kata Syukur. 
Dia menambahkan, meskipun saat ini HARKAD masih unggul. Namun, dirinya masih memiliki keyakinan akan menang dalam pemilukada kali ini. Dirinya masih menunggu pleno penetapan dan rekapitulasi dari KPUD Merangin. “Ya, kita masih menunggu rekap dan pleno penetapan dari KPUD. Saya sangat yakin posisi akan terus berubah,” tegasnya.
Lalu, apakah sudah mengucapkan selamat kepada pasangan HARKAD? Syukur mengatakan saat ini dirinya belum akan mengucapkan selamat. Namun, kata Syukur, jika nantinya KPUD yang menetapkan, baru dirinya akan mengucapkan selamat. “Kalau sekarang belumlah, tunggu penetapan dari KPUD terlebih dahulu,” sambungnya.
Terpisah, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Handayani-Jailani (Haji) mengaku sudah mengumpulkan beberapa bukti kecurangan selama perhelatan pemilukada Merangin. Ditemui usai menyoblos, Cabup nomor urut 3 ini mengatakan, bahwa jika dirinya terpilih sebagai bupati maka dirinya akan memperbaiki Merangin lebih baik. Dan jika tidak terpilih dirinya tetap akan membangun Merangin.
Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah mengumpulkan beberapa bukti kecurangan yang dilakukan oleh lawan politiknya. “Temuan pelanggaran ada kita temukan, banyak kok,” tegasnya. Disinggung apakah akan mengajukan gugatan jika dirinya tidak terpilih? Handayani mengatakan akan melihat terlebih dahulu apa yang akan digugat. “Ya kita lihat dululah kalau mengenai hal itu,” tuturnya seraya tersenyum.
Terpisah, Cabup incumbent Nalim juga menyatakan belum merasa kalah dengan hasil hitung cepat. Melalui Direktur Media Center NASA Masroni, Nalim mengatakan masih akan menunggu hasil ril dari KPUD. “NASA belum kalah, segala kemungkinan masih terjadi mengingat belum seluruh suara masuk, dan kami masih menunggu penetapan dari KPUD, pemimpin yang sejati adalah pemimpin yang dengan tegar menerima kekalahan, tetapi belum sekarang, tunggu KPUD,” kata Masroni.

0 komentar:

Posting Komentar

Ilmu Trading